Selasa, 19 Januari 2016

73130115 patrickariesta uas

1.https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1045343498579202979#editor/target=post;postID=2603586379128896417

2.Jelaskan model bisnis e commerce dan bagaimana penerapanya dalam ukm di indonesia.
Model bisnis E-Commerce:
Model Bisnis Umum di EC

1.Direct to customer, yaitu melakukan penjualan melalui hubungan yang terjalin secara langsung antara perusahaan dengan pelanggannya;
2. full-service Provider, yaitu menyediakan berbagai fasilitas dan jasa (sumber daya) yang dibutuhkan oleh perusahaan lain dalam menjalankan operasi bisnisnya;

3.Whole of Enteprise, yaitu menawarkan fasilitas satu pintu (single point of contact) kepada pelanggan yang membutuhkan pelayanan tertentu yang melibatkan banyak pihak (perusahaan);
4.Intermediaries, yaitu menjadi perantara (broker) dari berbagai jenis keperluan (berdasarkan data, informasi, segemen industri, komunitas, dsb);
5. Shared Infrastructure, yaitu menawarkan penyewaan terhadap berbagai infrastruktur teknologi informasi, meliputi database, aplikasi, perangkat keras, dan jaringan;
6. Virtual Community, yaitu memanfaatkan komunitas yang ada di dunia maya untuk berbagai keperluan seperti penwaran berbagai produk dan jasa digital;
7. Value Net Integrator, yaitu mengintegrasikan berbagai entiti atau sumber daya yang ada di internet agar produk-produk atau jasa-jasa baru yang belum pernah ada sebelumnya dapat ditawarkan kepada padar dan calon pelanggan;
8. Content Provider, yaitu menawarkan pelayanan pembentukan dan distribusi data, informasi, knowledge(content) yang bernilai tinggi kepada pelanggan.
9. InfoMediary yaitu kemampuan dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi secara cepat dengan adanya virtual community.
10. Procurement yaitu menawarkan jasa dalam mengurangi cost diantaranya yang berkaitan dengan biaya penyimpanan barang(inventory cost) dan biaya administrasi (overhead).
11. Lelang (Auction) yaitu penawaran barang dalam model lelang yang jika si penawar tertinggi yang bisa mendapatkan produk yang diinginkan.
12. Brokerage, yaitu menawarkan jasa perantara dalam menghubungkan calon pembeli (customer) dengan pedagang (merchants).
13. Affiliate marketing, pengaturan dimana sebuah mitra pemasaran (perusahaan, organisasi atau individu) yang merujuk konsumen pada Web Site tertentu
14. Viral marketing, pemasaran mulut ke mulut dimana konsumen mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada teman atau orang lain melalui internet.
Apa yang harus dipersiapkan seiring dengan perdagangan bebas
1. Mentalitas
Hal pertama yang perlu disiapkan dalam menghadapi perdaganagn bebas adalah mentalias. Pasar bebas ASEAN memang akan membuat banyak perubahan dan yang pasti perdagangan bebas yang semakin sengit.
Dari sini mental yang kuat dan tangguh sangat dibutuhkan para pebisnis untuk mampu menghadapi persaingan tersebut. Jika mental yang dimiliki pebisnis setengah-setengah, maka mereka akan mengalami banyak kesulitan untuk bisa mengatasi tantangan yang ada dan tak lama kemudian bisnisnya bisa goncang dan akhirnya jatuh.
2. Kompetensi
Setelah mental sudah beres, hal berikutnya yang perlu Anda siapkan untuk menghadapi pasar bebas ASEAN 2015 adalah kompetensi. Kompetensi yang dimaksud di sini adalah kemampuan dan keahlian. Pasar ASEAN yang sangat luas, kompetitif dan berkonsep multi-bahasa, tentu harus membuat pebisnis jauh lebih ahli dalam kecakapan berbisnis dan berkomunikasi.
Terlebih dari sisi komunikasi, Anda akan dituntut untuk bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Kompetensi lain yang perlu pebisnis lebih kuasai dalam pasar bebas Asia Tenggara ini adalah profesionalitas. Karena ini adalah pasar mancanegara, maka Anda akan dituntut lebih untuk lebih profesional dari sebelumnya.
3. Kolaborasi
Dalam menghadapi pasar yang sangat kompetitif ini, Anda tak bisa bekerja dengan tim yang kecil Anda. Anda harus meluaskan hubungan dan kerjasama Anda lebih luas dan lebih intens lagi. Dengan relasi dan kolaborasi yang makin kuat dan profesional ini bisnis Anda akan jauh lebih kokoh dan handal.
Kekuatan relasi dalam kolaborasi ini memang sangat penting dalam dunia bisnis. Semakin kuat dan luas jaringan relasi Anda, maka semakin besar pula sebuah bisnis akan mencapai kesuksesan. Dalam kasus perdagangan bebas ini, Anda tak bisa lagi mengandalkan jaringan yang Anda miliki sekarang. Anda harus meluaskan lagi relasi dan kolaborasi bisnis Anda hingga mencapai jaringan mancanegara.
4. Kapasitas
Dengan pasar yang semakin luas, Anda sebagai pebisnis tentu tak bisa hanya berkutat pada pasar yang sekarang Anda miliki. Anda harus mau tak mau harus memperluas pasar Anda sebelum orang lain yang akan meluaskan pasarnya.
Persaingan memang semakin sengit dan saling mengancam, namun sebagai pebisnis Anda tak bisa hanya duduk diam saja, Anda harus bergerak cepat untuk merebut pasar sebelum kompetitor merebutnya. Jika Anda hanya diam dan hanya mengandalkan pasar yang ada saja, maka Anda bisa saja terimpit dan semakin tersisih dari persaingan pasar.
5. Evaluasi
Terakhir, hal yang perlu disiapkan dalam menghadapi perdagangan bebas adalah evaluasi. Cepatlah untuk melakukan evaluasi yang rutin dari bisnis yang selama ini Anda jalankan. Memang sebelum melangkah ke pasar yang lebih menantang ini, Anda tak bisa terlalu lain pada manajemen bisnis yang Anda jalankan sekarang.
Meskipun Anda sudah membuktikan kesuksesan dengan manajemen bisnis itu, namun pasar bebas Asia Tenggara ini akan membuat banyak perubahan yang menuntut psbisnis untuk beradaptasi menyesuaikan diri.

3.Apakah yang dimaksud e learning dan manfaatnya.
 E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.
Fleksibel. E-learning memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses perjalanan.
Belajar Mandiri. E-learning memberi kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar.
Efisiensi Biaya. E-learning memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggara, efisiensi penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar dan efisiensi biaya bagi pembelajar adalah biaya transportasi dan akomodasi.

Manfaat E-learning menurut Pranoto, dkk (2009:309) adalah:
Penggunaan E-learning untuk menunjang pelaksanaan  proses belajar dapat meningkatkan daya serap mahasiswa atas materi yang diajarkan.
Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa.
Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa.
Meningkatkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa.
Meningkatkan kualitas materi pendidik dan pelatihan.
Meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, dimana dengan perangkat biasa sulit dilakukan.

4.Menurut uu ite 11 thn 2008, bagaimana keabsahan suatu kontrak dan bentuk kontrak e commerce khusumya dalam pembuktian dan digital signature.
1. Pengirim atau Penerima dapat melakukan Transaksi Elektronik sendiri, melalui pihak yang dikuasakan olehnya, atau melalui Agen Elektronik.
2. Pihak yang bertanggung jawab atas segala akibat hukum dalam pelaksanaan Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur sebagai berikut:
a. jika dilakukan sendiri, segala akibat hukum dalam pelaksanaan Transaksi Elektronik menjadi tanggung jawab para pihak yang bertransaksi;
b. jika dilakukan melalui pemberian kuasa, segala akibat hukum dalam pelaksanaan Transaksi Elektronik menjadi tanggung jawab pemberi kuasa; atau
c. jika dilakukan melalui Agen Elektronik, segala akibat hukum dalam pelaksanaan Transaksi Elektronik menjadi tanggung jawab penyelenggara Agen Elektronik.
3. Jika kerugian Transaksi Elektronik disebabkan gagal beroperasinya Agen Elektronik akibat tindakan pihak ketiga secara langsung terhadap Sistem Elektronik, segala akibat hukum menjadi tanggung jawab penyelenggara Agen Elektronik.
4. Jika kerugian Transaksi Elektronik disebabkan gagal beroperasinya Agen Elektronik akibat kelalaian pihak pengguna jasa layanan, segala akibat hukum menjadi tanggung jawab pengguna jasa layanan.
5. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak berlaku dalam hal dapat dibuktikan terjadinya keadaan memaksa, kesalahan, dan/atau kelalaian pihak pengguna Sistem Elektronik.
5.Bagaimana perusahaan mengatasi mslh trust pelanggan sehingga pelanggan tidak ragu untuk membli produk dan jasa secara online.

Service yang baik akan menjaga kepercayaan konsumen, kita harus melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya pada zaman ini karena service menjadi keunggulan dalam berbisnis.(blm lengkap)

1.Jelaskan mengenai online advertising, metode dan manfaatnya bagi perusahaan

Online Advertising adalah: Info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau Masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet. Info atau pesan bisa berupa produk, Perusahaan atau gagasan.

2.Sebutkan dan berikan contoh metode online promotion
•Melalui forum
•e-Mail
•Social Networking
•Banner Exchange
•Article Marketing
•Social Bookmarking
•Jual Beberapa Produk
•List Building
•Search Engine

5.Bagaimana perusahaan mengatasi mslh trust pelanggan sehingga pelanggan tidak ragu untuk membli produk dan jasa secara online.

Service yang baik akan menjaga kepercayaan konsumen, kita harus melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya pada zaman ini karena service menjadi keunggulan dalam berbisnis.(blm lengkap)

6.E government adalah salah satu e bisnis yg dilkaukan pemerintah untuk byk hal, sebutkan salah satu e government yang sedang dilakukan , apa keuntungan dan kendalanya yang dihadapi warga negara!
Salah satu contoh E-Government adalah E-Procurement, dimana pemerintah seperti di DKI ini membuka lelang untuk pengadaan barang belanja oleh pemerintah yang bisa diakses oleh siapapun, hanya dengan melengkapi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan oleh pemrintah. Keuntungan yang didapatkan adalah membuka kesempatan baru untuk masyarakat menjalankan bisnisnya dengan menjual kepada pemerintah, dan juga membuat pemerintahan menjadi lebih transparan karena kita bisa langsung melihat prosesnya, sehingga akan mengurangi tingkat KKN. Kendalanya adalah internet yang digunakkan pemerintah masih sering kelebihan beban dan menjadi sulit diakses.RM adalah sebuah strategi bisnis yang berbasis customer, seperti strategi bisnis lainnya tujuan akhir dari CRM adalah untuk memaksimalkan keuntungan dan pendapatan. Sedangkan tujuan utama dari CRM adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Beberapa teknologi yang melatarbelakangi CRM diantaranya adalah mendapatkan, menyimpan, analisis terhadap kostumer, vendor, partner, dan proses informasi internal.
Sedangkan fungsi-fungsi lain yang mendukung CRM adalah sales, marketing, training, pengembangan professional, manajemen performa, human resource development, dan kompensasi. Keseluruhan teknologi dan fungsi-fungsi yang melingkupi CRM haruslah terintegrasi sebagai bagian tak terpisahkan strategi bisnis yang fokus pada kostumer. Karena banyak dari perusahaan yang mengimplementasikan CRM namun sayangnya hanya terbatas pada instalasi software CRM saja, tanpa adanya will untuk meletakkan kostumer diatas segalanya.

7.Salah satu bentuk aplikasi e business adalah crm, jelaskan minimal 3 hal terkait dgn pengertian crm
 CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinakn untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh keuntungan yang berkelanjutan.

Hal yang perlu dipahami adalah bahwa dari luar, pelanggan yang berinterkasi dengan perusahaan hanya memahami bisnis yang dilakukan oleh perusahaan sebagai satu entitas, tidak lebih; meskipun pelanggan juga berinteraksi dengan sejumlah pekerja yang berbeda peran dan departemennya. Semua itu tetap dianggap sebagai satu kesatuan. Dengan CRM, dukungan pada proses bisnis, informasi tentang pelanggan dan interaksinya dapat dimasukkan, disimpan, diakses oleh semua staf pada berbagai unit kerja dengan tujuan untuk meningkatkan layanan yang diberikan pada pelanggan, dan menggunakan informasi kontak pelanggan untuk target pemasaran

8.mengapa perlu bisnis plan dan tahap2nya.
karena dengan adanya bisnis plan kita sebagai pendiri perusahaan bisa mengetahui bagaimana laporan keuangan kita,resiko apa saja yang dihadapi dan strategi yang bagaimana yang harus kita ambil sehingga kita bisa menerapkan strategi yang baik dalam menghadapi pesaing kita.
tahap tahapnya
1.pendahuluan
2.analisis produk
3.analisis pasar
4.analisis keuangan
5.penutup
6.lampiran

9.yang sudah saya manfaat dalam dunia digital saat ini yaitu saya sudah memulai sebuah usaha kecil kecilan dengan memanfaatkan smartphone dan jaringan yang ada saat ini untuk memaarkan produk saya kepada para konsumen dimana mereka tidak harus pergi ketempat saya melainkan mereka hanya perlu duduk dan online dan saya akan melakukan penawaran terhadfap mereka dan apa yang mereka butuhkn akan segera sampai ditempat tujuan dengan sesuai apa yang mereka pesan.

10.kendala dalam transaksi online shop
1.dimana belum adanya rasa kepercayaan kepadapenjual karena saat ini banyak beredar isu isu negatif dari online shop yang membuat para pelanggan menjadi takut untuk menggunakan online shop.
2.adanya proses website dari si online shop yang lama dalam pemerosesan data sehingga membuat konsumen menjadi kurang nyaman yang menyebabkan tidak jadi membeli.
3.respon dari penjual yang sangat lama sehingga membuat para pmbeli menjadi menunggu sehingga kehilangan minat untuk melakukan transaksi.

11.a.weblog adalah salah satu layanan yang ada dalam website yang diberikan secara gratis dab berbayar dimana menjai wadah bagi para penulis unuk membneri imformasi dan lain sebagainya.

b.1.saya bisa membuat tulisan yang bisa memberi imformasi yang mungkin diperlukan oleh orang lain.
2.saya bisa menuangkan hobby menulis saya disaat waktu waktu luang.
3.saya bisa menulis atau mempromosikan prouk produk saya kepada para konsumen melalui we blog
4.bisa bergabung dengan komunitas lain.

c.1.buka wordpress yaitu cari situs wordpress dan pilih bikin baru.
2.setelah itu kita menulis domain dan email serta judul yng kita inginkan
3.setelah dilihat apakah alamat itu tersedia maka kita pencet ok srhingga wordpress yang ada siap untuk digunakan.

12Jelaskan peranan mobile computing dalam era digital saat ini. Perbankan, dmana saja
Teknologi mobile computing tentunya akan sangat bermanfaat bagi manusia dalam menyelesaikan masalah ataupun suatu pekerjaan tanpa harus menetap pada suatu lokasi. Karena pada prinsipnya manusia adalah makhluk dinamis yang senantiasa bergerak dan berkembang dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Sehingga membutuhkan suatu device yang mampu mengikuti pergerakannya. Bergerak disini dilihat dari dua sisi yaitu orang dan device.

13.Apa yang anda pahami dalam perdagangan informasi dalam e commerce
di Indonesia banyak sekali pihak-pihak yang tidak menjaga informasi konsumenya dengan baik, dan malah menjualnya kepada orang-orang lain dengan cara menjual database untuk digunakan pihak lain sebagai media periklanan, karena itu banyak sekali sekarang ini orang yang tiba-tiba mengetahui nomor telpon kita dan menawarkan produk, seperti bank-bank yang menawarkan kartu rkedit







Tidak ada komentar:

Posting Komentar